Tips memilih mainan anak
Februari 26, 2021 Oleh Anggi Destiar 0

Tips Memilih Mainan Sesuai Perkembangan Usia anak!

Bermain merupakan kegiatan yang sangat penting untuk menunjang perkembangan anak. Tahu kah moms dad? bermain turut memberikan kesempatan bagi anak untuk mengembangkan kreativitas sambil mengembangkan imajinasi, ketangkasan, kekuatan fisik, kemampuan kognitif, dan emosional.

Bermain juga membebaskan anak-anak untuk dapat menciptakan dan menjelajahi dunia dalam imajinasinya serta dapat mengatasi perasaan ketakutannya dengan cara mempraktikkan peran orang dewasa. Saat diberikan kebebasan tersebut, permainan dapat membantu anak-anak mengembangkan rasa kepercayaan diri dan ketahanan yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Maka dari itu, memilih mainan untuk anak pun juga sangat penting, jangan asal pilih sembarangan ya Moms Dad. Orang tua harus mengetahui beberapa kriteria mainan yang baik, seperti mainan yang seharusnya menarik bagi anak, cocok dengan kemampuan fisik anak dan tentunya harus sesuai dengan usia anak.

Ini dia Moms Dad ada beberapa rekomendasi permainan anak yang cocok sesuai usianya.

  1. Anak usia 0-6 bulan
    Bayi di usia 0-6 bulan cenderung suka melihat orang yang di sekitarnya dan mengikutinya dengan mata. Biasanya anak-anak di usia ini lebih menyukai barang-barang dengan warna yang cerah. Pada usia ini, sebagian bayi juga sudah dapat meraih, mengangkat kepala, mengarahkan kepala ke arah suara, dan juga memasukkan benda ke mulut. Mainan yang bagus untuk bayi usia 0-6 bulan ini adalah mainan yang dapat mudah diraih, dipegang, dihisap, dikoock, seperti kerincingan, bola bertekstur, teether, dan lainnya, serta permainan yang mudah mengeluarkan suara.
  2. Anak usia 6-12 bulan
    Bayi di usia 6-12 bulan cenderung mulai aktif bergerak, biasanya, bayi akan mulai mengguling, duduk bahkan ada yang mulai belajar berjalan dan yang lainnya. Mainan yang bagus untuk bayi 6-12 bulan yaitu seperti permainan yang dapat mengasah kemampuan anak seperti baby walker, push walker yang cocok untuk si kecil yang sedang belajar berjalan dan tidak hanya itu biasanya baby walker dan push walker dilengkapi dengan mainan yang menyenangkan yang dapat membuat si kecil anteng saat bermain.
  3. Anak usia 1-3 tahun
    Anak di usia 1-3 tahun pada umumnya mereka sudah bisa berjalan dan cenderung lebih aktif bahkan menyukai hal-hal yang baru. Mainan yang cocok untuk anak usia 1-3 tahun yaitu seperti slide atau perosotan, mainan ini bisa diletakkan di pekarangan rumah agar si kecil makin aktif bermain dan saraf motoriknya dapat bekerja.
  4. Anak usia 3-5 tahun
    Anak di usia 3-5 tahun ini cenderung sangat aktif sekali, bahkan mereka suka meniru hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan seperti menaiki pagar dan yang lainnya. Maka dari itu mainan yang cocok untuk anak usia 3-5 tahun yaitu pikler, karena pikler ini bisa melatih keberanian dan motorik si kecil, pikler memfasilitasi si kecil yang hobby panjat-memanjat sehingga melatih keberanian dan skillnya.

Nah, itu dia Moms Dad beberapa rekomendasi mainan yang cocok sesuai usia si kecil, gimana nih Moms dad sudah ga bingung lagi kan?

Hmm.. tapi kebayang ga sih Moms Dad rempongnya gimana kalau harus membeli mainan itu semua pasti akan menumpuk di dalam rumah ya, mengingat si kecil akan terus berkembang maka akan berganti juga mainan yang cocok di usia nya. Jadi yuk lebih baik sewa aja tentunya di babygobo. Dan masih banyak mainan edukasi lainnya loh Moms Dad, selain yang disebutkan tadi…

Yuk langsung aja kepoin instagram kami di @babygobo dan website kami di babygobo.com

Semoga bermanfaat ya Moms Dad, dan jangan lupa baca artikel kami lainnya ya banyak tips-tips yang bermanfaat tentunya…