Anak tantrum
Februari 19, 2021 Oleh Anggi Destiar 0

Si Kecil Tantrum Karena Gadget? Coba Katakan 3 Hal ini!

Pada zaman sekarang, hampir semua orang mempunyai gadget seperti smartphone. Bahkan anak-anak sudah sangat akrab dengan teknologi yang satu ini, Biasanya mommy muda selalu memberikan gadget saat si kecil rewel agar diam dan tenang, terus dan terus melakukan hal seperti itu, tapi apakah Moms Dad tahu? gadget akan memperburuk perkembangan si kecil lhoo..

Meski Moms dan Dad menikmati waktu tenang saat si kecil asyik bermain dengan gadget, tapi perlu diingat jika screen-time diberikan terlalu lama dan kurang mendapat kontrol, bisa jadi Moms Dad akan menghadapi masalah di mana si kecil mengamuk saat Moms Dad mengambil perangkat tablet elektroniknya. Ya itu yang tadi dibicarakan gadget hanya akan memperburuk perkembangan si kecil.

Sama seperti hal menyenangkan lainnya, anak biasanya kerap merasa sulit melepaskan perangkat elektroniknya yaitu gadget yang begitu seru dan menyenangkan. Akuilah, orang dewasa pun kadang demikian. Misalnya, saat Moms dan Dad sedang asyik menelusuri Instagram ataupun Media Sosial lainnya dan bahkan mommy muda kadang suka menonton drama korea yang episode per episode hingga tengah malam, dan tak bisa dipungkiri kan orang dewasa pun suka kerap merasa sulit melepaskannya. Betul apa betul nih Moms Dad? hehe..

Tapi bermain gadget tidak melulu meberi efek negatif Moms Dad, sesuaikanlah gaya hidup keluarga dan buat batasan waktu yang teratur jika ingin bermain gadget.

Si kecil lama-kelamaan jika kecanduan oleh gadget pasti akan mengalami masalah Tantrum. Apa Moms Dad tahu apa itu Tantrum?

Tantrum adalah ledakan emosi, biasanya dikaitkan dengan anak-anak dalam kesulitan emosional, yang biasanya ditandai dengan sikap keras kepala, menangis, menjerit, berteriak dan yang lainnya.

Nah, jika saat si kecil mengalami tantrum atau bertiak, menangis dan mengamuk karena Moms dan Dad menyudahi screen-time anak, tetaplah tenang, sabar, dan jadilah sosok yang percaya diri dengan mengatakan seperti ini:

  1. Pahami dan terima
    “Sedih ya berpisah dengan iPad/Smartphone ? Tidak apa-apa, kamu boleh merasa sedih sebentar”
    Kalimat ini akan menunjukkan bahwa Moms dan Dad berusaha memahami perasaan si kecil. Bersikap penuh pengertian biasanya dapat langsung membantu mengurangi intensitas tantrum pada si kecil.
  2. Berpegang teguh
    “Besok kita menonton Youtube lagi ya”
    Kata-kata seperti ini pasti langsung membuat si kecil merasa tenang karena mereka akan berfikir walaupun hari ini sudah bermainnya tapi besok akan bisa bermain lagi dengan gadget.
  3. Memberi harapan
    “Besok kita nonton apa, ya?”
    Kalimat ini dapat mengalihkan perhatian si kecil dengan hal-hal yang disukainya. Dengan begitu si kecil pasti akan langsung melupakan sedihnya karena berhenti bermain gadget. Jangan katakan “Tidak” hal ini akan memperburuk keadaan, berikan hal-hal yang dapat membuat si kecil senang.

Nah, itu dia Moms Dad kata-kata yang bisa membuat si kecil tenang jika tantrum karena gadget, Boleh dicoba ya Moms Dad.

Sebenarnya ada solusi paling ampuh nih untuk mengalihkan pikiran si kecil dari gadget, Moms dan Dad lebih baik kasih aktivitas seru aja untuk si kecil seperti mainan perosotan, ayunan, panjat-panjatan, sepeda, dan mainan yang lainnya yang membuat si kecil happy sehingga lama-kelamaan si kecil dapat melupakan aktivitas serunya dengan gadget.

Hmm tapi kalau harus beli repot juga ya mengingat anak itu akan cepat bosan dengan mainannya, eitss tapi jangan khawatir Moms dan Dad bisa sewa aktivitas serunya di babygobo aja, mudah kan? keuntungan menyewa itu banyak banget lhoo selain dapat menghemat budget, si kecil juga dapat lebih banyak bereksplor mainan yang mereka sukai.

Yuk tunggu apalagi Moms Dad ubah kebiasaan buruk si kecil dari gadget dengan memfasilitasi permainan yang disukai si kecil dari Babygobo tentunya.

Ada PROMO DISKON DAHSYAT nih, yuk segera kepoin website kami di babygobo.com dan Instagram kami @babygobo dan jangan lupa baca blog kami lainnya ya karena banyak tips-tips parenting yang sangat bermanfaat untuk Mommy dan Daddy muda lhoo..