Januari 11, 2021 Oleh Prima Nursyami 0

PSBB Lagi, Dirumah Lagi

Sudah satu tahun pandemi COVID-19 melanda hampir seluruh dunia. Mungkin kamu sudah bosan. Wajar sih, mau keluar rumah taman ditutup, mall pun tutup, kalaupun buka, sebagian tenantnya yang tutup.

Sebenarnya sih banyak aktivitas yang bisa kita lakukan dirumah bersama anak-anak kita ya. Buat kamu yang sudah jadi ayah atau ibu gak perlu pusing-pusing mikirin gimana caranya supaya bisa main di tempat wisata.

Berikut ini beberapa tips dari babygobo buat kamu yang ingin tetap beraktifitas dengan seru. Juga supaya anakmu tetap aktif dirumah. Kalau kamu bosan, anak-anakmu juga. Kasihan kan. Yuk diintip satu persatu.Membaca Buku Cerita

Membaca Buku Cerita

Siapa yang suka cerita? Semua orang suka cerita, entah itu kamu yang sudah jadi orangtua, ataupun anakmu. Daripada kamu sibuk cerita-cerita yang gak berfaedah bersama teman di whatsapp grupmu (ngegosip), lebih baik kamu bacakan buku cerita untuk anakmu.

Masa kanak-kanak penuh dengan imajinasi. Yuk kita jadikan masa kecil anak-anak kita penuh dengan warna. Akan lebih baik lagi kalo kita bacakan dia cerita-cerita yang penuh makna, seperti kisah-kisah Nabi dan Rasul, kisah orang soleh, atau apapun itu cerita yang penuh dengan faedah.

Biasanya anak akan mudah mengingat kisah-kisah tersebut sampai dia dewasa. Termasuk faedahnya. Hmm, kamu juga mungkin ingin flashback kembali ke masa kanak-kanak mu. Kembali mengingat masa ketika ayah atau ibu kita membacakan kita cerita dengan serunya.

Bermain Peran

Anakmu kepingin jadi dokter? Kalo gitu bunda jadi pasiennya. Pura-pura sakit, batuk-batuk, lalu biarkan si kecil memeriksamu. Atau anakmu ingin jadi pahlawan super? Giliran ayah yang jadi musuhnya.

Apapun itu, anak-anak suka bermain peran. Nikmati saja apapun itu peranmu, pastikan kamu sisipkan pesan-pesan moral yang baik agar permainan peran anakmu jadi lebih bermakna.

Membuat Kerajinan Tangan

Gak perlu beli artpaper atau gliter warna-warni untuk membuat kerajinan tangan. Walaupun gak salah kalau kamu siapkan itu semua. Tetapi pastinya banyak barang di rumah yang bisa kita manfaatkan untuk membuat suatu kerajinan tangan, yang penting bisa digunting, potong, tempel, jadi suatu bentukan.

Bunda bisa gunakan kardus bekas packing belanjaan online untuk membuat kotak penyimpanan yang lucu misalnya. Ayah bisa mengajarkan anak untuk membuat topeng pahlawan super misalnya. Apapun hasil yang jadi, gak masalah yang penting prosesnya seru. Bukankah sejak dia bayi sudah tertarik dengan gunting? Sekarang saatnya kita biarkan dia belajar menggunakan gunting, tentunya dengan pengawasan yang sangat ketat ya.

Main Permainan Tradisional

Main petak umpet, main tebak-tebakan, main layangan, lompat tali, apalagi? Masih banyak. Coba kamu ingat-ingat lagi mainan ketika kamu masih kecil. Kalau lupa boleh search di kolom pencarian google.

Olahraga

Kegiatan yang penting untuk menjaga agar fisik anakmu juga tidak turun. Terlalu lama di rumah bikin badan makin lemes. Coba deh ajak anak dan suami/istri mu keluar rumah, paling ga buat jalan kaki aja, keliling perumahan atau kampungmu. Jangan terlalu siang, jam tujuh sampai jam delapan udah paling enak deh buat jalan pagi. Udara masih segar, matahari masih hangat tidak menyengat.

Selain itu kamu bisa main bola, main bulutangkis, lari kejar-kejaran. Apalagi? Banyak deh. Biasanya olahraga anak mengikuti ayahnya. Kalau ayah suka main bola, anak juga diajari main bola. Sah banget kok.

Membersihkan Rumah

Salah satu kegiatan yang bisa jadi asik banget nih. Tapi inget ya, biasanya beres-beres rumah perlu waktu yang cukup panjang. Apalagi kalau barang kalian banyak dan udah lama ga dirapi-rapi.

Di kegiatan kali ini kamu bisa sekalian mengajarkan anak-anakmu salah satu dari tahapan gaya hidup minimalis. Singkirkan barang-barang yang gak perlu lagi. Selagi bunda memilih baju yang sudah tidak terpakai, minta anakmu untuk melakukan hal yang sama terhadap mainannya.

Anak itu peniru ulung. Kalau biasanya akan sedikit sulit ketika kita suruh mereka menyingkirkan mainannya, sekarang pasti akan lebih mudah, karena dia menirukan ayah bundanya. Coba deh.

Rumah yang “minim”, tentunya bersih dan tidak mengandung barang-barang yang sudah tidak penting pasti akan membuat suasana lebih menyenangkan.

Menanam

Bunda suka menanam? Lagi ngetren nih. Menanam tanaman hias jadi hobi baru di kala pandemi seperti ini. Menanam tanaman, entah itu tanaman hias, buah, sayur banyak manfaatnya. Selain penuh dengan muatan edukatif, tentunya banyak efek ikutan yang nantinya akan kita dapatkan.

Kalau menanam tanaman hias, tentunya rumah jadi lebih asri. Menanam tanaman sayur dan buah? tentunya bisa kita konsumsi ketika sudah saatnya panen. Kalau sebelumnya anak suka main tanah sembarangan, sekarang kita ajak dia main tanah dengan lebih aman, karena tentunya kita awasi.

Sambil menanam, bunda bisa jelaskan mana bagian akar, mana bagian batang dan mana bagian daun. Bagaiman juga cara tanaman mendapatkan makanannya.

Memasak

Salah satu kegiatan yang biasanya anak mainkan ketika bermain peran. Lalu kenapa tidak kita ajak mereka di dalam kegiatan masak yang sebenarnya? Bahaya? gak juga loh, asal kita awasi dan kita beri mereka peran khusus. Contohnya? menggiling adonan, memetik sayur, menata garnish.

Setelah jadi, biarkan mereka mencicipi masakan yang sudah mereka buat. Sudah seru, kenyang pula.

Sewa Mainan Seru

Banyak pengalaman yang bisa anak dapatkan kalau kita memberikan mereka kesempatan untuk merasakannya. Memang tidak murah dan mudah kalau kita harus membelinya.

Oleh karena itu babygobo hadir disini untuk membantu ayah dan bunda memberikan pengalaman yang menarik untuk anak tersayang. Mau main terampoline? Belajar naik sepeda pakai balance bike? Pengen punya perosotan di dalam rumah? Bisa.

Yuk langsung aja hubungi babygobo untuk memastikan anakmu mendapatkan pengalaman seru.

Apalagi rekomendasi kegiatan untuk keluarga dirumah? Kamu boleh bagikan di kolom komentar. Semoga pandemi COVID-19 ini segera berakhir ya, dan kita semua bersama keluarga bisa kembali beraktivitas dengan normal.